Pentingnya Memiliki Asuransi dan Dana Pensiun

Apakah anda pernah mendengar istilah asuransi dana pensiun? Istilah pensiun sudah tidak asing lagi dalam dunia kerja. Pensiun ini diberikan kepada orang yang telah melewati masa produktif, artinya melepas pekerjaan. Umumnya, masa pensiun ini berlaku saat karyawan telah sampai pada usia sekitar 55 tahun. Jika anda sudah tahu mengenai pensiun, kemungkinan besar anda juga sudah familiar dengan sebuah istilah “dana pensiun”.

Istilah ini biasanya juga dikenal dengan sebutan tunjangan hari tua. Lalu, bagaimana dengan asuransi? Faktanya, asuransi juga memiliki manfaat yang sama dengan manfaatnya dana pensiun, yaitu memberikan jaminan pada masa tua. Ya, ini merupakan salah satu manfaat asuransi. Kemudian, apakah asuransi dan dana pensiun punya perbedaan? Benar sekali, keduanya memiliki perbedaan. Yuk, pahami apa yang membedakan keduanya secara umum sebelum mengetahui seluruh manfaatnya!

Perbedaan dana pensiun dan asuransi

Apa sih yang menjadi dasar perbedaan antara keduanya? Dana pensiun umumnya hanya bisa cair saat seseorang telah masuk usia pensiun dan melepaskan diri dari pekerjaannya. Asuransi, tentu berbeda dengan dana pensiun. Memang, dalam asuransi juga terdapat nilai tunai yang mana nantinya bisa dimanfaatkan sebagai dana pensiun. Yang membedakan adalah yakni dana dalam asuransi ini bisa diambil kapanpun dan juga terdapat fungsi proteksi. Dengan mempunyai asuransi, semua orang atau karyawan akan mendapatkan dana bantuan jika sedang mengalami kecelakaan dalam pekerjaan, sakit, ataupun meninggal dunia. 

Kesimpulannya, asuransi dimanfaatkan untuk mendapatkan penggantian atau dana jika mengalami kejadian tak terduga, sedang dana pensiun diberikan untuk pemenuhan pesangon para pekerja saat mereka mengalami PHK atau tiba saatnya pensiun. 

Kenapa asuransi dan dana pensiun sangat penting?

Ada beberapa alasan yang membuat asuransi dan dana pensiun menjadi suatu hal yang penting untuk dimiliki, antara lain:

Saat anda berusia sekitar 55 tahun yang mana sedang masuk masa pensiun, anda sudah tidak bekerja. Artinya, sudah tidak ada lagi pemasukan seperti saat anda masih bekerja. Meski tidak adanya pemasukan, anda tetap ada pengeluaran seperti biasa. Maksudnya, anda tidak mungkin bisa menutup semua pengeluaran. Untuk mengatasi hal itu, satu cara yang bisa anda lakukan yakni memiliki investasi. 

Anda tidak bisa selalu mengandalkan uang di tabungan anda. Kenapa demikian? Saat anda membutuhkan biaya yang lumayan besar namun anda sama sekali tidak mempunyai aset lain, maka seiring berjalannya waktu, jumlah saldo yang ada di tabungan anda akan semakin menipis bahkan bisa sampai habis. 

Usia anda akan terus bertambah seiring pergantian tahun. Dengan bertambahnya usia, kebutuhan anda akan semakin tinggi khususnya kebutuhan kesehatan. Itu artinya, kebutuhan anda pun meningkat dan anda harus mengimbanginya dengan adanya pemasukan.

Saat usia anda sudah tidak lagi produktif, anda kemungkinan besar tidak bisa selalu bekerja untuk memiliki pendapatan atau pemasukan. Pada usia ini, anda seharusnya menjalani masa santai dan istirahat dengan keluarga. 

Jika sewaktu-waktu anda sakit sehingga anda tidak bisa bekerja dan memperoleh pendapatan lagi, maka anda harus memikirkan kepada siapa tugas anda akan dibebankan agar dapat bertahan hidup. Itulah kenapa, memiliki asuransi dan dana pensiun sangatlah penting. 

Lalu, apa manfaat yang akan anda dapatkan jika sudah memiliki asuransi dan dana pensiun? Berikut adalah manfaatnya:

  • Investasi dana menguntungkan dan juga aman
  • Tabungan anda selalu terjaga
  • Kebutuhan hari tua anda terjamin
  • Tidak ada rasa khawatir jika sewaktu-waktu anda butuh pengeluar besar secara mendadak
  • Bisa dimasukkan ke dalam asuransi jenis lainnya contohnya asuransi kesehatan. Anda pun tetap memperoleh beberapa manfaat lain.
  • Tetap mampu memberikan keluarga nafkah yang cukup walaupun sudah tidak bisa bekerja
  • Impian anda kemungkinan bisa anda capai, contohnya naik haji
  • Bisa diwariskan kepada keluarga atau khususnya anak yang akan anda tinggalkan kelak

Dari paparan beberapa manfaat di atas, maka asuransi dan dana pensiun sebaiknya dipersiapkan di usia dini sejak memasuki usia produktif atau bekerja. Dengan begini, anda akan merasakan semua manfaatnya saat anda sudah tidak produktif lagi. 

Sebenarnya, asuransi dan dana pensiun ini hampir sama dengan menabung biasa karena tujuannya sama-sama menyiapkan tabungan untuk masa tua. Tapi, caranya sangat berbeda bahkan hasilnya pun jauh berbeda. Itulah kenapa asuransi dana pensiun ini biasa disebut sebuah investasi dalam jangka panjang. Dan anda pun diharuskan untuk memilikinya. So, milikilah asuransi dan dana pensiun untuk kebaikan anda dan keluarga!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top