Mengenal Tipe Aplikasi Manajemen Marketplace

Menjalankan bisnis melalui marketplace memang menawarkan berbagai keuntungan mulai dari kemudahan memulai hingga jangkauan pelanggan yang sangat luas. Akan tetapi, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi saat menjalankan bisnis melalui marketplace salah satunya adalah tantangan manajemen. Seringkali Anda menjalankan bisnis marketplace Anda sendiri tanpa tim yang mendukung sehingga Anda kewalahan untuk mengatur dan memantau aliran barang apalagi jika Anda menjalankan bisnis melalui beberapa marketplace dan menggunakan pemasok yang beragam pula. Untungnya Anda bisa bernapas lega karena Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen marketplace yang berguna memudahkan Anda untuk mengatur jalannya bisnis marketplace Anda. Akan tetapi, mencari pilihan aplikasi yang paling tepat tidaklah mudah karena sistem yang ditawarkan bisa jadi saling tumpang tindih. Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tipe sistem yang ditawarkan untuk manajemen marketplace Anda.

Sistem Manajemen Kanal

Sistem manajemen kanal akan membantu Anda mengatur pendataan lintas kanal mulai dari ketersediaan pasokan hingga pesanan. Jika Anda memilih sistem yang lebih baik, Anda bisa menemukan kemampuan untuk membuat beberapa layer laporan. Sistem yang ada pun lebih fungsional sehingga memudahkan Anda untuk mengurus masing-masing kanal.

Sistem Manajemen Inventori

Sistem manajemen inventori akan berfokus pada bagian pelaporan pasokan. Selain itu, sistem ini juga memiliki kemampuan untuk mengatur pemasok, membeli pesanan, memperkirakan jumlah pasokan, dan pergerakan pasokan. Sistem ini bisa dikatakan lebih sebagai manajemen data bisnis marketplace Anda.

Sistem Manajemen Gudang

Dari sekian banyak pilihan aplikasi manajemen marketplace, Anda mungkin membutuhkan sistem manajemen gudang yang lebih berfokus pada aspek fisik dalam menjalankan bisnis Anda. Sistem ini akan mendukung berbagai macam lokasi gudang di dunia nyata. Sistem ini akan memonitor lokasi barang dan ke mana barang tersebut akan dikirim.

PIM atau ERP

Kedua sistem manajemen marketplace di atas boleh dikatakan sebagai sistem yang terbilang dasar. Nah, ada sistem yang lebih besar bernama ERP atau PIM yang merupakan perpaduan dari sistem manajemen inventori dan sistem manajemen gudang. Sistem ini lebih banyak digunakan oleh manufaktur yang memang butuh mengontrol and mengikuti siklus pasokan baru secara menyeluruh.

Konektor Website

Pilihan sistem aplikasi manajemen marketplace yang paling akhir adalah konektor website. Sistem ini bisa dikatakan alat yang simpel. Fungsi utamanya adalah untuk menyinkronkan website bisnis Anda dengan beragam platform marketplace yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis. Sistem ini bisa melakukan pendataan, pasokan dan pesanan sebagaimana yang bisa dilakukan oleh sistem manajemen kanal. Akan tetapi, fungsi ini hanya berfokus pada kontrol yang paling dasar. Sistem ini juga hanya bisa digunakan untuk mengatur satu atau dua kanal marketplace. Meskipun demikian, pada praktiknya fungsi masing-masing sistem tersebut memang tumpang tindih sehingga tak jarang orang harus menggunakan lebih dari satu sistem.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top