Kriteria Semen yang Masih Layak Pakai

Siapa yang tidak tahu dengan semen?

Semen adalah bahan pokok terpenting dalam pondasi sebuah bangunan, tidak selalu rumah tetapi bisa juga jalan, jembatan, corn dapur, eksterior taman, kolam ikan dan sebagainya. Semen harus disimpan di gudang semen yang baik. Semen terbuat dari 4 komponen utama yaitu batu kapur, tanah liat, pasir kuarsa dan pasir besi oksida. Semen yang kini banyak dijual terdiri dari berbagai jenis dan setiap jenisnya tersebut memiliki kandungan beragam sebagai penentu kualitas mutu. Setiap jenisnya juga punya tugas masing-masing. 

Jika Anda ingin membeli semen yang masih layak pakai, simak tipsnya yuk!

  1. Kemasan Segel

Semen yang masih bersegel masih dianggap bagus karena belum ada udara yang masuk. Kemungkinan untuk bubuk semennya mengeras akan kecil sekali. Tetapi jika di bungkusnya cacat fisik jangan diterima karena bubuk semennya bisa saja mengeras dengan mudah. Anda bisa menanyakan langsung dengan penjual kapan semen tiba. Umumnya semen hanya bisa bertahan dalam waktu 4 bulan lamanya (jika penyimpanan di gudang semen baik). 

  1. SNI 

Semen yang berlogo SNI atau Standar Nasional Indonesia memiliki kualitas stAndar bahan baku untuk bangunan terbaik. Saat ini masih banyak penduduk indonesia terutama kawasan pedesaan yang masih enggan untuk memakai semen dalam pembangunan rumah dengan alasan mahal. Mereka memakai pasir tras atau sejenis pasir lunak yang sebenarnya hanya cocok dipakai untuk kerajinan tangan. Efeknya adalah rumah yang dibangun dengan pasir tras akan mudah lunak dan rusak. 

  1. Merasakan Dari Bungkusnya

Semen yang masih layak pakai bisa dirasakan ketika Anda menekan bagian luar pembungkusnya. Jika masih empuk maka semen masih bagus tetapi jika semen agak keras di salah satu sisinya jangan dibeli walaupun ditawarkan harga murah. Sedikit saja ada gumpalan maka potensi bubuk lainnya akan merembet dengan cepat karena gumpalan semen tersebut telah mengandung kadar air yang mengikat cukup kuat. 

  1. Warna Semen

Semen yang akan Anda beli tentunya tidak boleh dibuka dahulu, cobalah beli 1 bungkus dan buka. Ketika Anda buka bubuk semen berwarna gelap jangan dibeli lagi karena tidak bagus sebagai campuran pokok bahan bangunan rumah. Warna semen yang baik adalah hijau keabu-abuan. Semen dengan warna hijau tersebut memiliki daya rekatan yang sangat baik sehingga bagus dalam pembangunan rumah. 

  1. Perhatikan Sisi Toko Menyimpan

Toko yang menyimpan semen dengan posisi jauh dari kelembaban pastinya lebih tahan lama daripada toko yang memamerkan semen di bagian depan. Posisi terbaik gudang semen adalah jauh dari jangkauan sumber air. Semakin dekat dengan sumber air maka semakin tinggi kelembaban yang dialami dan membuat semen mudah menggumpal.  

Jangan sampai Anda salah pilih semen ya?

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top