3 Jenis Ecommerce Yang Wajib Anda Ketahui

Dengan bertambahnya suatu zaman maka semakin berkembang pula untuk perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang memang banyak digunakan oleh para pengusaha saat ini adalah ecommerce solution provider. Dengan penggunaan sistem ecommerce para pengusaha bisa dengan mudahnya untuk mengembangkan suatu bisnis yang mereka jalankan.

3 jenis ecommerce

Penting bagi pengusaha untuk menggunakan sebuah ecommerce solution provider. Dimana semua sistem yang ada di dalam ecommerce bisa memberikan kemudahan dalam perkembangan bisnis maupun interaksi antara pembeli dan juga penjual tanpa harus bertatap muka. Akan tetapi sebelum anda memutuskan menggunakan sistem ecommerce, anda juga harus mengerti jenis-jenis dari ecommerce tersebut. Berikut ini merupakan 3 jenis ecommerce yang marak dilakukan di pasaran.

1. Business to business (B2B) E commerce 

Jenis ecommerce yang pertama ini memang pada dasarnya merupakan ecommerce yang paling besar. Pelaku usaha yang ada didalamnya adalah antar perusahaan atau antara jenis usaha. B2B adalah salah satu ecommerce yang dilakukan secara digital maupun fisik antara para pelaku usaha. 

2. Business to consumers B2C E commerce

Ecommerce yang kedua adalah B2C. Berbeda dengan B2B dimana pemasaran dilakukan hanya untuk suatu perusahaan. Nah kalau untuk B2C ini pemasaran yang dilakukan langsung kepada calon pembeli atau konsumen. Secara umum B2C adalah suatu toko ritel yang banyak menyimpan stok barang digudang, akan tetapi untuk semua transaksi yang dilakukan sudah menggunakan media online.

3. Consumer to consumer (C2C) E commerce 

Selanjutnya adalah C2C ecommerce. Dimana transaksi yang dilakukan adalah dari konsumen ke konsumen. Untuk ecommerce ini terbagi menjadi 2 model yaitu adalah marketplace dan classified. Untuk yang ada model marketplace seorang konsumen hanya menyediakan barang yang akan dibeli oleh para calon pembeli lainnya. Untuk model calcified adalah sebuah model yang bisa memberikan kebebasan kepada pembeli dan juga penjual secara langsung. Dimana biasanya untuk transaksi dilakukan dengan cara COD. Akan tetapi pemasarannya tetap dilakukan secara online. 

3 penjelasan diatas merupakan jenis-jenis dari ecommerce solution provider.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top