Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mengoperasikan Genset Diesel

Genset diesel menjadi pilihan untuk mendukung kegiatan operasional kantor tetap berjalan ketika listrik PLN padam. Namun demikian, agar mesin genset bisa dioperasikan dalam jangka waktu yang relatif panjang, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut.

Memeriksa kondisi bahan bakar

Sebelum menghidupkan genset, salah satu hal penting yang perlu dipastikan adalah bahan bakar genset. Anda harus memastikan bahan bakar genset sudah dalam kondisi penuh yang tepat, tidak terlalu sedikit, tetapi juga tidak terlalu penuh. Anda juga perlu memastikan kondisi oli mesin sesuai dengan jenis mesin genset yang dimiliki. Oli genset sudah harus diganti apabila terlihat berwarna hitam atau keruh. Umumnya oli mesin genset perlu diganti 6 bulan sekali agar mesin genset bisa beroperasi secara normal.

Periksa kondisi aki genset

Pada dasarnya, mesin genset akan langsung menyala dengan suara mesin yang halus atau hampir tidak terdengar apabila aki mesin masih dalam kondisi baik. Namun demikian, jika mesin tidak langsung menyala atau terasa ada getaran yang cukup keras, Anda perlu memeriksa aki dan semua konektor serta kabel yang terhubung dengan aki mesin. Aki mesin genset setidaknya juga diperiksa berkala setidaknya 6 bulan sekali untuk menghindari kerusakan yang lebih serius.

Cara menyalakan genset

Ketika Anda termasuk pemula dalam upaya menghidupkan mesin genset diesel, pastikan Anda sudah membaca buku panduan untuk menghidupkan tombol-tombol genset. Salah satu hal paling dasar yang perlu dilakukan adalah memutar kunci kontak genset pada posisi ON kemudian didiamkan sejenak sebelum memutar tombol ke voltase yang diperlukan sesuai kekuatan aki mesin.

Pemanasan 

Pada saat mesin genset dinyalakan, mesin genset perlu dipanaskan setidaknya 5-10 menit. Proses pemanasan ini berguna untuk menjaga agar perputaran sistem didalam mesin berlangsung lebih stabil dan pelumas mesin bisa bekerja dengan lebih sempurna. Setelah proses pemanasan selesai, Anda bisa mulai menghidupkan panel yang menyuplai listrik secara berurutan.  

Mematikan mesin 

Tahap akhir dari operasional mesin genset diesel adalah mematikan mesin, dimana saat mematikan mesin, Anda perlu memastikan saklar MCB ada dalam posisi OFF dan diamkan sejenak sampai gas buang habis

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top