Keunggulan dan kekurangan menggunakan alat tes ovulasi

Tidak banyak wanita yang penasaran dengan masa suburnya. Ovulasi merupakan proses yang ada pada siklus haid dan ditandai dengan pecahnya folikel telur yang akan dibuahi. Bentuk dan cara menggunakan alat tes ovulasi atau masa subur memang hampir sama dengan test pack pada kehamilan. Penggunaannya juga hampir sama karena menggunakan urin. Terdapat keunggulan dan kekurangan dari alat untuk mengecek masa subur. 

Keunggulan alat tes ovulasi 

Cara menggunakan alat tes ovulasi memang sangat mudah. Terdapat berbagai jenis alat untuk mengecek masa subur misalnya compact, strip atau scope. Pada umumnya kebanyakan wanita akan menggunakan strip karena harganya yang lebih terjangkau. 

Alat tes juga memiliki akurasi yang beragam tergantung anda ingin menggunakan jenis alat yang mana. Lebih mudah ditemukan di apotek dengan berbagai macam merek dan harganya. Kelebihan lain bisa mengetahui ovulasi sebelum terjadi. Dengan mencatat suhu basal tubuh, anda tetap saja tidak akan mengetahui kapan harus melakukan hubungan intim kecuali anda harus memeriksa tekstur dari cairan yang ada pada vagina. 

Kelemahan tes ovulasi 

Meskipun harganya murah jika anda menggunakan banyak alat maka jatuhnya akan mahal juga. Oleh sebab itu persiapan data untuk mengecek ini juga penting. Disamping itu juga, terkadang hasilnya masih susah terbaca meskipun sudah dilengkapi petunjuk. 

Kondisi ini akan membuat wanita untuk mengecek hingga berulang kali. Alat tes ovulasi juga tidak bisa digunakan oleh penderita polikistik ovarioum atau PCOS karena hormone LHnya selalu tinggi. Selain itu, cairan yang ada di vagina akan banyak sehingga sangat sulit mendeteksi masa subur.

Waktu terbaik untuk mengetes kesuburan 

Alat tes ovulasi akan bekerja dengan baik ketika anda mengetahui waktu terbaik untuk dan cara menggunakan alat tes ovulasi untuk mengetes kesuburan. Sebenarnya anda tidak harus mengetes setiap hari dan pagi melainkan terdapat periode waktu tertentu. Tes harus dilakukan pada jam yang sama. Anda bisa melakukan uji ovulasi antara pukul 11.00 hingga 15.00. sebaiknya konsultasikan kepada dokter terkait hal ini. Sebelum melakukan tes ovulasi, anda tidak boleh mengonsumsi air minum. Ini akan sangat mempengaruhi hasil pengujian dari masa subur anda. 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top